Berita

Ada 174 berita, tampil 31 - 35

Sabtu, 13 Oktober 2012

Jakarta --- Sebanyak 27 medali dan 12 penghargaan khusus diberikan kepada para pelajar SMA yang menjadi pemenang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) pada tahun ini. Dalam sambutannya di penutupan OPSI, Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Hamid Muhammad mengatakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan berusaha memfasilitasi para pemenang OPSI untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN).

“Kita akan sosialisasikan ke perguruan tinggi yang ingin dituju adik-adik,” ujarnya saat penutupan OPSI di Plasa Insan Berprestasi Kemdikbud, Jakarta, (11/10).

Selain itu, diharapkan langkah para pemenang OPSI (detail.....)

Sabtu, 13 Oktober 2012

JakartaPemerintah tetap berencana menyelenggarakan Ujian Nasional tahun depan. Sejumlah perubahan dilakukan, salah satunya 20 variasi soal, berbeda dengan UN tahun 2012 yang memiliki lima variasi soal.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyampaikan, secara legal yuridis pelaksanaan UN ada dasar undang-undang dan peraturan pemerintahnya. Kemudian dari sisi akademik sampai bentuk soal pilihan ganda juga ada dasarnya. “Insya Allah tahun depan UN tetap dilakukan, tetapi ada beberapa perubahan,” katanya saat memberikan keterangan pers di Gedung A Kemdikbud, Jakarta, (11/10).

Jika (detail.....)

Rabu, 10 Oktober 2012

JAKARTA, Rencana pemerintah mengahapus seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur tulis dibatalkan. Tahun depan 30% dari total kuota mahasiswa baru yang mencapai 120 ribu kursi dialokasikan untuk SNMPTN jalur tulis.

 

Skenario penghapusan SNMPTN jalur tulis mencuat setelah pelaksanaan SNMPTN 2012. Sebagai gantinya, pemerintah membagi seleksi masuk kampus negeri hanya melewati SNMPTN Undangan sebesar 60% dan kuota jalur mandiri 40%.

 

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta(UNY) Rochmat Wahab menuturkan, skenario tersebut sudah dikoreksi. Aturan itu tidak berpihak berpihak kepada lulusan SMA yang lama (bukan tahun berjalan, Red), ujar (detail.....)

Rabu, 10 Oktober 2012

Jakarta --- Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) merupakan agenda tahunan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam menjaring siswa yang memiliki motivasi, kreasi, dan inovasi dalam meneliti. Tahun 2012 ini merupakan penyelenggaraan OPSI yang ke empat. Meski baru tahun ke empat, olimpiade penelitian bukanlah sesuatu yang baru di kalangan pelajar. Karena sebelum OPSI, sejak tahun 1977 perhelatan bagi siswa peneliti ini telah dilakukan dengan nama Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR).

Menteri Pendidikan dan (detail.....)

Selasa, 09 Oktober 2012

Jakarta ---   Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tahun 2012 dibuka hari ini, Selasa (9/10). Setelah dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, sebanyak 87 naskah penelitian yang menjadi kreasi dari 200 siswa SMA mulai dinilai pada babak poster untuk kemudian dipilih masuk ke babak presentasi.

Dilaporkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Menengah, Hamid Muhammad, kepada Mendikbud, ada tiga disiplin ilmu yang dilombakan di OPSI tahun ini. Yaitu bidang ilmu sains dasar, sains terapan, dan IPS Humaniora. OPSI sendiri bertujuan untuk menjaring siswa yang (detail.....)


Halaman 7 dari 35 | << sebelumnya | berikutnya >>